"Menuju Kualitas Unggul: Dosen dan Tendik Mengikuti Workshop Penyusunan SPMI untuk Penguatan Akreditasi Institusi PTKI bersama Kemenag RI dan Tim Best-Q Institute"

Dalam penguatan mutu pendidikan STIES Alifa Pringsewu – Lampung mengikuti kegiatan yang di selenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam │ Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dalam kegiatan Workshop Penyusunan SPMI bertajuk “Penguatan Akreditasi Institusi Melalui PD Dikti pada PTKI” dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu PTKI.

Workshop  Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) diikuti oleh perwakilan dari Diktis, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, Subkoordinator, JFT/JFU dan PPNPN Subdit Kelembagaan dan Kerjasama, Koordinator Kopertais XV Lampung, Sekretaris Kopertais XV Lampung, Best-Q Institute beserta perwakilan dari masing-masing PTKIS yang ada di Kopertais Wilayah XV Lampung, terkhusus kepada para Rektor/Ketua dan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) PTKIS, . Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Senin – Rabu tanggal 15-17 Mei 2023 di Hotel Novotel Lampung.

 Kementerian Agama (Kemenag) RI bekerja sama dengan Best-Q Institute mengadakan kegiatan workshop  dengan melibatkan fasilitator ahli, yaitu Dr. Helmi Syaifuddin, M.Fil. I.; Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd.I.; dan Rosihan Aslihuddin, M.AB. Kegiatan dimulai dengan sambutan dan arahan dari Prof. Wan Jamaluddin, Ph.D selaku Koordinator Kopertais XV Lampung. Dilanjutkan penjelasan petunjuk teknis oleh Bapak Dr. Helmi Syaifuddin, M.Fil. Beliau menyampaikan bahwa “ Perguruan Tinggi yang telah berdiri memiliki tugas penting, yakni memastikan kualitas pelaksanaannya. Salah satu cara untuk menjamin kualitas tersebut adalah melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Salah satu kunci SPMI yaitu perguruan tinggi wajib memiliki Standar pendidikan yang beracuan pada SN-Dikti”.

Kegiatan dilanjutkan keesokan harinya dengan penyampaian materi secara panel diberikan oleh tim Best-Q Institute, yakni Dr. Helmi Syaifuddin, M.Fil. I. dan Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd.I. . Materi yang disampaikan berkaitan dengan Kebijakan Nasional SPMI, Standar MBKM dalam siklus PPEPP, teknik penyusunan 4 komponen SPMI yakni Kebijakan SPMI, Manual SPMI, Standar SPMI, Formulir SPMI, serta praktik terbaik dalam menerapkan SPMI yang telah dilakukan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai contoh yang dapat dijadikan acuan. Kegiatan ini membahas secara mendalam tentang persyaratan yang harus dipenuhi, memberikan praktik langsung kepada peserta dalam penyusunan dokumen SPMI, dan memberikan pendampingan kepada para peserta dalam proses penyusunan dokumen SPMI. (AT)

0 Komentar